Rabu, 23 November 2011

It's Time for Coffee


Siapa yang tidak mengenal kopi. Minuman satu ini sangat popular di seluruh dunia yang dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.
Menurut legenda, kopi ditemukan oleh seorang pemuda Arab bernama Kaldi, seorang penggembala kambing. Ia selalu memperhatikan bahwa kambingnya selalu menunjukkan gejala gembira setelah menggigit biji dan daun suatu tanaman hijau. Karena penasaran, ia mencoba biji tanaman tersebut dan merasakan efek semangat serta gembira. Akhirnya penemuan ini menyebar dari mulut ke mulut, sejak itu lahirlah kopi menurut legenda di Arab.
biji kopi itu sendiri terbagi atas berbagai  macam jenis.  Namun jenisnya yang utama  ada dua, yaitu, kopi arabika dan kopi robusta. Biji kopi arabika merupakan jenis kopi dengan cita rasa terbaik, sedangkan biji kopi robusta adalah kelas 2, karena bercita rasa lebih pahit dan mengandung kafein lebih banyak. Sebahagian besar kopi yang dibuat adalah jenis biji kopi arabika.

salah satu jenis kopi hasil turunan atau subvaritas dari kopi arabika adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia, karena proses terbentuknya dan cita rasanya yang sangat unik. Singkat saja, kopi luwak adalah hasil fermentasi alami di perut hewan luwak.

Penasaran nggak sih dengan jenis-jenis kopi lainnya di dunia ini?
Well, untuk jenis kopi lainnya tunggu post-an selanjutnya ya!!









1 komentar: